heiyo..

Foto saya
suka putihitembiru. jhenkelind banget. hanya seorang mahasiswi desain.

Selasa, 03 April 2012

A, B, O, atau AB ?? part O dan AB




ini kelanjutan dari postingan saya yang ini.
sebelumnya saya membahas golongan darah A dan B.

kali ini saya membahas tentang golongan dari O dan AB. 

nah, ini beberapa karakter dari golongan darah O dan AB



  golongan darah O  
Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O- dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O- hanya dapat menerima dari sesama O-. Secara umum, golongan darah O adalah yang paling umum dijumpai di dunia.





Beberapa Sifat Golongan Darah O

1. Orang yang bergolongan darah O, mereka ini biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup. Dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut.
2. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksanakan sesuatu dengan tenang. Mereka pandai menutupi sesuatu sehingga mereka kelihatan selalu riang, damai dan tidak punya masalah sama sekali. Tapi kalau tidak tahan, mereka pasti akan mencari tempat atau orang untuk curhat (tempat mengadu).
3. Mereka biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain. 
4. Mereka biasanya dicintai oleh semua orang, "loved by all". Tapi mereka sebenarnya keras kepala juga, dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.
5. Dilain pihak, mereka sangat fleksibel dan sangat mudah menerima hal-hal yang baru.
6. Mereka cenderung mudah dipengaruhi oleh orang lain dan oleh apa yang mereka lihat dari TV. 
7. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati. Tapi hal itu yang menyebabkan orang yang bergolongan darah O ini dicintai.

Beberapa Karakter Golongan Darah O
Orang-orang dengan golongan darah O adalah mereka yang tidak banyak ambil pusing, penuh semangat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka adalah orang yang paling fleksibel diantara semua golongan darah yang ada. Mereka akan dengan cepat memulai sebuah proyek namun mengalami masalah ketika melanjutkannya dan tidak jarang banyak juga yang dengan mudah menyerah ditengah jalan. Mereka terkadang bertingkah dan tidak terlalu dapat dijadikan sandaran. Mereka selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka secara langsung. Mereka selalu jujur. Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang bergolongan darah O ini memiliki rasa percaya diri yang sungguh kuat. Di Jepang, golongan darah ini merupakan golongan darah rata-rata orang disana.





Cara Berkomunikasi dengan Orang Golongan Darah O
Ketika berhadapan dengan orang bergolongan darah O yang penuh semangat dan percaya diri, terus terang, optimistis, terkadang egois dan kreatif, hal-hal berikut dapat dijadikan pedoman:
* Berbicaralah dengan semangat dan penuh vitalitas. Karena mereka kurang menyukai orang-orang yang terkesan lemah, letih, lesu, lemas, letoy, dan loyo yang dianggap tidak dapat mengikuti ritme mereka yang penuh dengan energi.
* Jangan gunakan kata-kata negatif dan pesimis karena kelompok kata itu tidak terdapat dalam kamus mereka yang penuh dengan semangat positif dan optimis.
* Ketika mengikat sebuah kontrak, pastikan dengan tegas bahwa mereka komit dengan apa yang telah disepakati dan dapat bertanggung jawab atas penyelesaiannya.
* Berkatalah dengan jujur karena mereka juga demikian adanya. Sekali kebohongan terdeteksi, mereka tidak akan percaya lagi pada lain kesempatan.
* Tunjukkan bahasa tubuh yang penuh keceriaan dan semangat.

Orang dengan golongan darah O paling suka berkomunikasi dengan mereka yang penuh semangat. Orang-orang yang tidak memiliki semangat hidup yang baik sulit menjadi teman dekat orang golongan ini. Karena mereka selalu semangat sejalan dengan vitalitas yang mereka miliki. Mereka akan dapat berkomunikasi berjam-jam dengan orang yang cocok dan dapat mengikuti ritme bicara mereka yang sangat optimistis dan motivatif.

Beberapa Penyakit yang Mendera Golongan Darah O
Berikut ini Penyakit yang sering dijumpai pada Orang bergolongan Darah O
- Kencing manis,
- gangguan usus dan pencernaan,
- peredaran darah kurang baik,
- sakit pinggang dan tulang belakang,
- kegemukan,
- kadar kolesterol tinggi,
- tekanan darah tinggi,
- kadar asam urat tinggi,
- penyakit kanker,
- serangan jantung,
- penyumbatan arteri.

Rangkuman Makanan yang Bisa dikomsumsi Golongan Darah O
Pemilik golongan darah O patut beruntung, terutama bagi mereka yang menyukai daging-dagingan. Mereka boleh makan daging sebanyak-banyaknya, kecuali daging olahan. Namun golongan darah ini juga harus mengimbanginya dengan memakan sayur-sayuran yang banyak juga. Boleh juga menyantapminyak jenis nabati, minyak zaitun dan buah segar. Yang harus dihindari ataupun dibatasi ialah : kol, brokoli, kembang kol, sawi, pokcoi, taoge, terong, jamur dan kentang.

Beberapa Ciri Khas Golongan Darah O
-Sistem kekebalan tubuh sangat kuat-Stres dapat direspon denga aktivitas fisik-Mudah beradaptasi dengan berbagai makanan pada lingkungan yang ditempati
-Tidak cocok melakukan diet
-Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidratseperti: daging, buah, ikan, dan sayur.

Jenis-jenis Olahraga yang Cocok untuk Golongan Darah O
Melakukan olahraga aerobik yang gerakannya banyak dan cepat(high impact), bisa juga olahraga fisik seperti lari dan beladiri.Berikut adalah tips hal-hal berkenaan tentang diet golongan darah O:
- Sangat bermanfaat : Sapi, kerbau, kambing, rusa, hati/jantung, ikan kod, ikan cucut, ikan ekor kuning
- Netral : Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sarden, udang. telur, mentega, tempe, tahu,susu kedelai, gandum, beras
- Pantang : Daging babi, cumi-cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, burung puyuh, es krim, keju, susu sapi,yoghurt.


   golongan darah AB  
Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB+ dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. Namun, orang dengan golongan darah AB+ tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB+. Persentase orang bergolongan darah AB adalah hanya 4% dari seluruh penduduk dunia. Dan merupakan presentase yang terkecil dengan golongan darah lainnya. Darah AB merupakan darah zaman modern yang mempunyai kecenderungan terhadap penyakit modern. Oleh sebab itu, orang bergolongan dara AB selalu disarankan melakukan teknik-teknik relaksasi dan meditasi supaya dapat mengurangi stress dan untuk melawan system imunisasi yang kurang sehat. 

Golongan darah AB sendiri merupakan golongan darah yang jarang dijumpai, namun secara keseluruhan golongan darah AB lebih stabil dari golongan darah lainnya karena memiliki sebagian besar keuntungan dan intoleransi dari golongan darah A dan B. Golongan darah AB juga dinilai memiliki imun tubuh yang paling baik dibandingkan golong darah yang lain, namun juga rentan terhadap penyakit tertentu. Orang dengan jenis golongan darah AB sering menghadapi penyakit seperti perut kembung, masalah dengan saluran darah, kanker, sendi dan tulang. Orang dengan golongan darah AB sangat mudah beradaptasi dengan makanan.

Beberapa Sifat Golongan Darah AB
Orang dengan golongan darah AB susah dikelompokkan. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu bersamaan. Artinya, di satu sisi mereka pemalu, di sisi lain, sangat terbuka. Mereka dengan mudah mengubah satu sisi ke sisi yang lain. Mereka dapat dipercaya dan bertanggungjawab, namun tidak dapat bertanggungjawab jika terlalu banyak yang dituntut dari mereka. Mereka tidak keberatan membantu sepanjang sesuai dengan syarat mereka. Orang-orang dengan golongan darah ini sangat suka seni dan metafisika. AB juga dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka juga suka menentukan starat sendiri dan berhak menggugurkannya jika tidak sesuai dengan harapan mereka. Mereka dikenal sangat sensitif dan penuh perhatian. Di Jepang, beberapa perusahaan membagi karyawan-karyawannya ke dalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah, dan ironisnya, tidak seorangpun yang mau bekerjasama dengan kelompok darah AB di Jepang!

Cara Berkomunikasi dengan Orang Golongan Darah AB
Dengan karakter yang mudah berubah-ubah tergantung kondisi mood tertentu, orang-orang dengan golongan darah AB tentu masih dapat diambil 'hatinya' ketika kita berkomunikasi dengan mereka agar mencapai tujuan yang ingin kita raih. Gaya komunikasi yang perlu diterapkan adalah seperti tersebut dibawah ini :* Pertama-tama, ikuti dulu alur pembicaraan mereka.* Selanjutnya, berbicaralah secara tegas karena mereka mudah berubah-ubah.* Bicaralah tentang seni dan metafisika untuk memulai percakapan yang lebih panjang jika hal itu diinginkan.* Jika membuat janji, pastikan mereka memahaminya dan setuju.* Jangan ambil keputusan sepihak karena mereka termasuk orang yang suka menentukan sebuah keputusan secara sepihak. Diskusikanlah dengan sinergis.* Jangan terlalu banyak mengumbar kata dan janji mereka sulit mengingat, apa lagi menjalankan kewajiban yang semakin banyak. 
Orang dengan golongan darah ini memang sedikit kurang beruntung di Jepang karena dianggap yang paling lemah dan tidak dapat dipercaya. Namun, hal ini tentu sangat kasuistis dan geografis. Hanya saja, dengan memahami karakteristik orang dengan golongan darah ini, banyak hal yang dapat dilakukan untuk tidak menuai kekecewaan nantinya di kemudian hari jika ternyata karakter itu benar adanya.

Beberapa Penyakit yang Mendera Golongan Darah  AB
Resiko medis yang umumnya bisa dialami golongan darah AB karena makan tidak sesuai dengan golongan darahnya (salah pola makan tidak sesuai dengan golongan darah AB) :
- Penyakit kanker
- Penyakit jantung
- Anemia 
- Depresi
- Masalah system syaraf
- Komplikasi hati dan empedu
- Parkinson's.
- Alzheimer's

Makanan yang Bisa dikomsumsi Golongan Darah AB
Makanan yang sesuai dengan golongan darah AB :
- Kalkun, domba, kelinci, kambing
- Kacang, kedelai, tahu, tempe
- Seafood (kecuali yang berkulit keras, seperti : tiram, kerang, kepiting)
- Bijian, seperti : kacang tanah, kenari, kacang merah.
- Rumput laut 
- Anggur, kiwi, jeruk bali, nanas, semangka, cranberry, mulberry, pepaya.
- Alfafa, wortel, brokoli, bit, sledri, terong, kentang manis, kol kembang, mentimun, jahe, bawang putih, ubi jalar, talas
- Telur putih (telur ayam)
.
Makanan yang Tidak Bisa (cocok) dikomsumsi Golongan Darah AB
Makanan yang tidak sesuai dengan golongan darah AB :
- Ayam, sapi, bebek, burung dara, rusa, babi, angsa, burung puyuh
- Buncis, chikpea, kacang hita,. buncis lima.
- Tepung terigu, roti, kue, mie, biskuit, pizza
- Kopi
- Pisang, kelapa/santan, jambu biji, mangga, delima, jeruk, belimbing, alpukat
- Jagung, jamur, lobak, tauge, asinan, lobak putih
- Telor bebek.
-----------------------------------------------------------------------------------

Beberapa karakter sesuai dengan urutannya... 




* Yang paling gampang ngaret soal waktu :
B (karena nyantai terus)
O (karena flamboyan) --> gak selalu sih, tapi pernah
AB (karena gampang ganti program)
A (karena gagal dalam disiplin)

* Yang paling susah mentolerir kesalahan orang lain :
A (karena perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
B (karena easy going tapi juga easy judging)
AB (karena asal beda)
O (easy judging tapi juga easy pardoning) --> hmm. hmm..

* Yang paling bisa dipercaya :
A (karena konsisten dan taat hukum)
O (demi menjaga balance) --> huahaha. hmm ada beberapa sih yang sering cerita rahasianya ke saya.
B (demi menjaga kenikmatan hidup) 
AB (mudah ganti frame of reference)

* Yang paling disukai untuk menjadi teman :
O (orangnya sportif) --> hmm no comment lah.
A (selalu on time dan persis)
AB (kreatif)
B (tergantung mood)

* Kebalikannya, teman yang paling tidak disukai :
B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
AB (double standard)
A (terlalu taat dan scrupulous)
O (sulit mengalah) --> wah entahlah..

 Kemampuan Otak..

* Yang paling mudah tersesat
B
A
O --> hmm. kadang-kadang suka tersesat juga. 
AB

* Yang paling banyak meraih medali di olimpiade olahraga :
O (jago olahraga) --> wah, kalo bagi saya ini hmm *mikir dulu
A (persis dan matematis)
B (tak terpengaruh pressure dari sekitar, hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat Jepang bergolongan B)
AB (aluergi pada setiap jenis olahraga)

* Yang paling banyak jadi direktur dan pemimpin :
O (karena berjiwa leadership dan problem-solver) --> wohoo,, amin
A (karena berpribadi tekun dan teliti)
B (karena sensitif dan mudah ambil keputusan)
AB (karena kreatif dan suka ambil resiko)

* Yang jadi PM jepang rata-rata bergolongan darah 
O (berjiwa pemimpin) --> woo banget!!

* Mahasiswa Tokyo Universitas pada umumnya bergolongan darah : B

* Yang paling gampang nabung :
A (suka menghitung bunga bank)
O (suka melihat prospek) --> gak gitu juga sih
AB (menabung karena punya proyek)
B (baru menabung kalau punya uang banyak)

* Yang paling kuat ingatannya 
O --> kadang-kadang aku pikunan juga --"
A
AB

* Yang paling cocok jadi MC:A (kayak planner berjalan)

 Kesehatan..

* Yang paling panjang umur :
O (gak gampang stress, antibody nya paling joss) 
A (hidup teratur)
B (mudah cari kompensasi stress)
AB (amburadul)

* Yang paling gampang gendut:
O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi) --> gampang gendut gampang kurus, doyan ngemil, tapi makannya lama
B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka manakan enak)
A (hanya makan apa yang ada di piring, terpengaruh program diet)
AB (makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

* Paling gampang digigit nyamuk:
O (darahnya manis) 

* Yang paling gampang flu/demam/batuk/pilek
A (lemah terhadap virus dan penyakit menular)
AB (lemah terhadap hyangiene)
O (makan apa saja enak atau nggak enak) --> ngg.. hmm..
B (makan, tidur nggak teratur)

* Apa yang dibuat pada acara makan-makan di sebuah pesta:
O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging) --> setuju banget!
A (ngambil yang berimbang, 4 sehat 5 sempurna)
B (suka ambil makanan yang banyak kandungan airnya seperti soup, soto, bakso)
AB (hobby mencicipi semua makanan "aji mumpung")

* Yang paling cepat botak 
O --> wah, rambutku rontokkan :'(. 
B
A
AB

* Yang tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunkan:
B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
O (baru tidur kalau benar-benar capek) --> setuju! mudah dibangunkan

* Yang paling cepat tertidur:
B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
O (kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk) --> setuju banget!
AB (tergantung kehendak)
A (tergantung aturan dan orario)

* Penyakit yang mudah menyerang :
A (stress, linglung)
B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
O (gangguan pencernaan dan mudah kena salit perut) --> lagi lagi setuju!
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

* Apa yang perlu dianjurkan agar tetap sehat :
A (karena terlalu perfeksionus maka santailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
B (karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, berkonsentrasi, main catur)
O (Karena daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan) --> padahal cerewet dan sering jalan-jalan --"
AB (karena gampang capek, maka perlu cari kegiatan yang menyenangkan dan bikin lega)

* Yang paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian):
A
B
O
AB
-----------------------------------------------------------------------------------

ini type karakter dari golongan darah O dan AB. 
kalo ada beberapa bagian yang menurut kalian meragukan, ya nggak usah dipercaya juga nggak apa-apa sih. hehe
tapi kalo menurut saya, ada beberapa bagian yang idem banget sama saya. 
tapi ada juga yang beda. 
jadi, saya nggak terlalu ambil pusing sih. buat yang bedat itu, hehe.
setidaknya saya jadi mengerti tentang seseorang jika dilihat dari golongan darahnya.






salam 

- jhenkelind -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar