heiyo..

Foto saya
suka putihitembiru. jhenkelind banget. hanya seorang mahasiswi desain.

Senin, 02 April 2012

A, B, O, atau AB ?? part A dan B




kenapa judulnya A, B, O, atau AB??
karena postingan kali ini, saya mau membicarakan tentang golongan darah. 
kenapa harus golongan darah?
simpel sih, karena dari golongan darah kita dapat mengetahui karakter seseorang.
*oke, saya baru tahu sih. hehe 


pantesan aja di komik-komik Jepang, setiap karakternya dikasi type golongan darahnya.
ternyata biar kita tahu mengetahui sifat-sifat mereka sesuai gologan darahnya, hmm
saya emang suka komik-komik Jepang, tapi gak memperhatikan sedetail itu. 

nah, ini beberapa karakter dari golongan darah A dan B

   golongan darah A   


Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A- hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-atau O-. Di beberapa negara seperti Swedia dan Norwegia, golongan darah A lebih dominan.


Beberapa Sifat Golongan Darah A
1. Biasanya orang yang bergolongan darah A ini berkepala dingin, serius dan kalem. 
2. Orang yang bergolongan darah A ini mempunyai karakter yang tegas, bisa diandalkan dan dipercaya namun keras kepala.
3. Sebelum melakukan sesuatu mereka memikirkannya terlebih dahulu. Dan merencanakan segala sesuatunya secara matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.
4. Mereka berusaha membuat diri mereka sewajar dan ideal mungkin.
5. Mereka bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.
6. Mereka mencoba menekan perasaan mereka dan karena sering melakukannya mereka terlihat tegar. Meskipun sebenarnya mereka mempunyai sisi yang lembek seperti gugup dan lain sebagainya.
7. Mereka cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang bertemperamen sama.


Sikapnya lembut, tapi dalam mengambil keputusan nampak tegas. Suka mengalah dan ringan tangan. Suka membantu siapa saja yang sedang dilanda kesusahan. Sekalipun orang yang ditolongnya baru pertama kali dijumpainya, alias belum dikenal. Bahkan terkadang sifat sosialnya itu agak diluar batas kewajaran sebagai manusia. Misalnya, saat ia mempunyai uang pas-pasan, ia malah memberikannya kepada orang lain. Tapi, ia akan memberikan pertolongan berdasarkan perasaan hati nurani alias nggak perlu diminta. Justru pada yang terang-terangan meminta padanya, ia amat tak suka.


Orang yang mempunyai golongan darah A termasuk yang nggak mudah emosi. Meskipun perasaan sebenarnya tersinggung, tapi nggak diperlihatkannya. Kecuali jika dianggapnya sudah keterlaluan, emosinya bisa nggak terkendali. Tapi namanya juga manusia, tetap punya kelemahan. Jika sudah merasa lelah dalam mengerjakan sesuatu suka ngomong tak jelas (ngedumel). Bicaranya ceplas ceplos, tanpa peduli pada perasaan orang lain. Pada orang yang jelas-jelas nggak disukainya, ia terlalu memperlihatkannya. Misalnya, ia tak mau berbicara pada orang tersebut apalagi jika berdekatan dengannya, ia pasti tak mau. Pada umumnya orang yang memiliki golongan darah A sedikit pemalu. Itu sebabnya untuk bisa masuk lingkungan pergaulan butuh waktu beradaptasi cukup lama.


Beberapa Karakter Golongan Darah A
Orang dengan golongan darah A memiliki kekuatan karakter yang mengakar kuat yang akan membantu mereka untuk tetap tenang dalam krisis ketika semua orang panik menghadapi situasi serupa. Mereka cenderung menghindari konfrontasi, dan sesungguhnya kurang nyaman berada diantara orang banyak. Mereka biasanya pemalu dan terkadang suka mengasingkan diri. Mereka mencari keharmonisa dan sangat sopan, tetapi mereka sebenarnya tidak benar-benar cocok dengan orang lain. Mereka sangat bertanggungjawab. Jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan, mereka lebih suka mengerjakannya sendiri. Orang-orang dengan golongan darah ini selalu mengukir sukses dan sangat perfeksionis. Mereka juga sangat kreatif, dan paling artistik diantara semua golongan darah yang ada karena kesensitifan mereka.


Cara Berkomunikasi dengan Orang Golongan Darah A
* Jangan mengangkat topik yang konfrontatif, misalnya, topik kontroversial karena mereka orang yang tidak suka membuat konfrontasi dengan lawan bicara.
* Gunakan kata-kata yang relatif sopan karena mereka sangat sensitif dan terkadang konservatif sehingga kata-kata yang tidak sesuai dengan standar kesopanan minimal akan dapat menyinggung mereka.
* Jika menjawab usahakan dengan lengkap dan bermakna karena mereka adalah orang yang sangat sempurna dan kurang menyukai hal yang setengah-setengah.
* Mintalah pandangan dan pendapat mereka karena mereka sangat kreatif untuk hal ini dan dengarkan dengan seksama ketika mereka menjelaskan.
* Jangan melebihi mereka saat menyampaikan sesuatu. Artinya, jangan sampai mereka merasa dilampaui dalam hal kepintaran dan pengalaman, misalnya.
* Hargai mereka dengan memuji seperlunya karena pujian yang berlebihan akan membuat mereka ragu dengan ketulusan si pemuji.


Sebagai tambahan, orang golongan darah A cenderung menyukai topik-topik yang bernuansa damai dan kooperatif. Mereka tidak menyukai topik yang berkaitan dengan sepak terjang atau kepribadian orang lain yang tidak ada parameter jelasnya. Mereka sangat sensitif, dalam arti setiap kata yang diterima oleh akal sehat mereka akan menjadi tolak ukur mereka terhadap orang yang diajak berkomunikasi. Untuk itu, lebih berhati-hatilah jika berhadapan dengan orang golongan darah A ini karena mereka sesungguhnya adalah pengamat yang luar biasa. 


Beberapa Penyakit yang Mendera Golongan Darah A
Berikut ini penyakit yang sering dijumpai pada orang bergolongan darah A
- Cepat marah.
- Serangan jantung
- Gangguan saluran darah
- Kanker
- Kegemukan

Rangkuman Makanan yang Bisa dikomsumsi Golongan Darah A
Pemilik golongan darah A disarankan mengkomsumsi bahan makanan yang sedikit mengandung lektin. Para pemilik golongan darah ini memiliki lambung dengan kandungan lektin rendah. Jika asupan lektin berlebihan, maka akan mengganggu kesehatan lambung. Selain itu, mereka menghasilkan lendir yang lebih banyak jumlahnya. Ini mengakibatkan resiko terjangkit penyakit alergi, seperti asma, infeksi telinga, dan gangguan pernapasan.
Makanan yang dianjurkan ialah kelompok nabati. Sumber hewani bisa diperoleh dari ikan dan ayam kampung, inipun dengan jumlah dan frekuensi terbatas. Susu yang dianjurkan adalah susu fermentasi (yogurt), krim tanpa lemak, keju alami, telur dalam jumlah terbatas.

Beberapa Ciri Khas Golongan Darah A
- Sistem kekebalan tidak sekuat tipe O
- Stress bisa diatasi dengan meditasi
- Orang yang bernggung jawab dan romantis
- Jalur pencernaan cukup sensitif
- Dianjurkan menjadi vegetarian atau mengkomsumsi makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak

Jenis-jenis Olahraga yang Cocok untuk Golongan Darah A
Fisik yang menenangkan dan fokus seperti yoga dan taichi.
Berikut adalah tips hal-hal berkenaan tentang diet golongan darah A :
- Sangat bermanfaat : ikan makarel, ikan salem, ikan sarden, keong, bayam, brokoli, wortel, jamur, kacang tanah, kacang buncis, susu kedelai, tahu, tempe, bluberi, nanas dan mangga.
- Netral : Ikan tuna, telur ikan hiu, ikan ekor kuning, ikan cucut, ayam kalkun, burung dara, jagung, tapioka, gandum, labu, bawang merah.
- Pantang : Sapi, kerbau, kambing, bebek, angsa, kelinci, ayam huutan, lobster, gurita, kepiting, belut, kodok, udang, cumi-cumi, mentega, susu sapi, keju, es krim, kelapa.




   golongan darah B   








Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah B- hanya dapat menerima dari orang dengan golongan darah B- atau O-.

Beberapa Sifat Golongan Darah B
1. Orang yang bergolongan darah B ini cenderung penasaran dan tertarik terhadap segalanya. 
2. Mereka juga cenderung mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobby. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu namun cepat juga bosan.
3. Tapi biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang dikerjakannya.
4. Mereka cenderung ingin menjadi nomer satu dalam berbagai hal ketimbang hanya dianggap rata-rata. Dan biasanya mereka cenderung melalaikan sesuatu jika terfokus dengan kesibukan yang lain. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan.
5. Mereka dari luar terlihat cenderung ruang, bersemangat dan antusias. Namun sebenarnya hal itu semua bisa dikatakan sebagai orang yang tidak ingin bergaul dengan orang banyak. 

Otaknya cerdas, sifatnya periang dan rasa humornya tinggi. Suka banget ngobrol, bahkan kalau sudah bertemu orang yang dianggapnya cocok, betah ngobrol sampai berjam-jam lamanya. Orang yang memiliki golongan darah B termasuk orang yang mudah bergaul. Sahabatnya ada dimana-mana. Sikapnya selalu optimis dan jika sudah mengambil keputusan, sulit seklai diubah. Pendiriannya yang keras itulah yang menjadikannya sering merah sukses. Apa yang dicita-citakannya selalu tercapai. Kelemahan dari orang yang memiliki golongan darah B adalah kurang hati-hati, suka pamer dan suka dipuji. Bicaranya terkadang seperti nggak dikontrol. Nggak  jarang sering membuat lawan bicaranya tersinggung. 

Beberapa Karakter Golongan Darah B
Orang dengan golongan darah B merupakan orang yang paling praktis diantara semua golongan darah yang ada. Mereka adalah spesialis dibidang yang digelutinya. Ketika mereka memulai sebuah proyek, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk memahami dan mencoba mengikuti semua petunjuk/arahan yang diperlukan untuk itu. Jika mengerjakan sesuatu, mereka selalu fokus kepada apa yang tengah dikerjakan. Mereka cenderung berpedoman pada tujuan dan  mengejarnya sampai tuntas walaupun kelihatannya pekerjaan itu tidak mungkin dilakukan. Mereka cenderung kurang kooperatif. Mereka lebih suka mengikuti peraturan dan gagasan mereka sendiri. Orang dengan golongan darah B memberikan perhatian lebih kepada pikiran daripada perasaan mereka, dan terkadang mereka terlihat dingin dan serius. 

Cara Berkomunikasi dengan Orang Golongan Darah B
Ada karakter ada gaya. Orang bergolongan darah B memiliki karakter yang berbeda dengan mereka yang bergolongan darah A. Mereka lebih praktis, egois, kreatif, optimis dan bebas dalam berpikir. Mereka juga memiliki kecenderungan mengerjakan segala sesuatu secara individual. Oleh karena itu, di Jepang, untuk membentuk sebuah tim yang kuat sehingga motto yang digagas John C. Maxwell : "teamwork makes the dream work", benar-benar menjadi kenyataan, orang golongan darah B ini biasanya kurang dilibatkan.

Untuk lebih jelas, gaya komunikasi dengan orang bergolongan darah B berikut dapat dijadikan pedoman :
* Mulailah pembicaraan dengan runtun, jangan melompat-lompat karena mereka kurang menyukai hal-hal yang tidak teratur. 
* Jangan memulai pembicaraan tanpa mengakhirinya.
* Gunakan data-data akurat, bukan rekaan.
* Jika mengajak kerjasama, pastikan bahwa mereka bersedia.
* Berbicarah kepada otaknya bukan hatinya. Gunakan lebih banyak fakta rasional daripada sosial.
* Jangan menggunakan gaya bicara yang terburu-buru

Orang dengan golongan darah B lebih suka mendengarkan uraian rinci dan runtun. Mereka suka ada awal dan akhir dari sebuah percakapan. Karena mereka sangat concern dengan apa yang telah dimulai untuk dapat diakhiri. Mereka tidak suka orang yang berbicara secara tidak jelas dan tanpa pertimbangan rasional karena mereka lebih menggunakan nalar rasio-nya daripada perasaannya. 

Beberapa Penyakit yang Mendera Golongan Darah  B
Berikut ini penyakit yang sering dijumpai pada orang bergolonngan darah B.
- Kerusakan sistem syaraf
- Susah tidur
- Sakit kepala atau migrain
- Penyakit hati
- Gangguan saluran empedu
- Gangguan saat haid
- Sakit tulang belakang
- Kegemukan
- Serangan jantung

Rangkuman Makanan yang Bisa dikomsumsi Golongan Darah B
Pemilik golongan darah B adalah kebalikan dari golongan darah A. Mereka diizinkan menyantap sumber hewani dengan porsi lebih banyak. Namun karena pemilik darah B rentan terhadap penyakit autonium dan serangan virus, mereka dianjurkan untuk mengkomsumsi sayuran hijau yang kaya magnesium. Daftar makanan yang diperbolehkan adalah semua produk susu kecuali, blue cheese dan es krim, telur ayam baik organik maupun ayam kampung. 

Beberapa Ciri Khas Golongan Darah B
- Sistem kekebalan tubuh kuat
- Stress bisa diatasi dengan melakukan pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas
- Dianjurkan melakukan latihan gerak seperti renang dan jalan kaki
- Dianjurkan juga untuk melakukan diet dengan berbagai variasi dari setiap golongan darah
- Tipe ini sangat cocok untuk asupan susu

Jenis-jenis Olahraga yang Cocok untuk Golongan Darah B
Olahraga fisik sedang dengan unsur mental seperti hiking, tenis dan berenang.
Berikut adalah tips hal-hal berkenaan diet golongan darah B :
- Sangat bermanfaat : Kambing, kelinci, rusa, ikan salem, ikan sarden, susu sapi, roti, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terong dan teh hijau.
- Netral : Sapi, kerbau, hati, kalkun, ikan hiu, cumi-cumi, ikan tuna, mentega.
- Pantang : Bebek, angsa, ayam, belibis, babi, rusa, burung dara, keong, kepiting, katak, lobster, es krim, gandum, tomat, labu, jagung, alpukat dan kelapa. 

ini type karakter dari golongan darah A dan B.
lanjutannya, alias golongan darah O dan AB.
ada disini

salam

- jhenkelind -









3 komentar:

  1. kok tautan buat baca yg darahnya O g bisa kebukaaa :( <~pdahal kepo

    BalasHapus
  2. darah gue apa ya? selama ini gue nggak tau :(

    BalasHapus
  3. bentar2....penyakit yg Gol darah B-->kegemukan?
    lah ane kekurusan :))
    wahahhah byk yg bner c ya...:D

    BalasHapus