heiyo..

Foto saya
suka putihitembiru. jhenkelind banget. hanya seorang mahasiswi desain.

Jumat, 23 Desember 2011

curhatan mahasiswa akhir.. #1


kalo dibilang curhat si nggak. cuma pengen cerita aja. hehe.
ketika puyeng dengan tugas-tugas akhir (baca: riset--> proposal sebelum TA/skripsi). tiba-tiba terbesit tentang mata kuliah semester-semester awal. mata kuliah yang saat ini kurindukan. 

seperti mata kuliah Pramana. Mata kuliah yang paling menyenangkan. Dulu sih membosankan dan menyebalkan, tapi kini mata kuliah ini ngangenin sekali. Di saat sedang stress dengan mengetik, berpikir dan mengukur detail. Mata kuliah ini mampu membuat kami merasa semangat.

Mata kuliah Pramana itu tugasnya bener-bener seperti “kerajinan tangan”. Dimana kita belajar membuat batik, membuat gips menjadi sesuatu yang abstrak (entah membuatnya dengan lengkungan ataupun dengan garis biasa), membuat perubahan bentuk (misal:dari durian menjadi lupus), membuat diagram warna, membuat labirin dengan kertas yang diberi warna gradasi dan dengan alas yang berbeda ukuran juga warna.

Biasanya kami mengerjakan tugas-tugas ini bareng, entah dirumah siapa saja. Tetapi, paling sering dikerjakan di kosanku, itupun yang paling sering si Kebow, Aswin, Tapir, Aprina, Lita, Babe, Dinar. Kami biasanya ngerjain sampai tengah malam, demi sebuah tugas. Tapi nggak kerasa, karena kami ngerjainnya bersama. Mungkin saja, jika ngerjain sendiri kerasa berat tugasnya.

nih tugas-tugasnya.. 
harus sabar bikin beginian --" (durian menjadi lupus)


kadang juga disuruh bikin dua dimensi kemudian dijadikan 3 dimensi. seperti ini

2 dimensinya

3 dimensinya

membuat batik.. 
hasil mbatik yang dikeringkan di pinggir kelas.

mbatik

labirin..

labirin punya saya :D


ada juga mata kuliah Kreatifitas. tugasnya lebih ringan daripada tugas-tugas Pramana. Mata kuliah Kreatifitas itu juga unik, walau kebanyakan menggambarnya. Tak kalah menyenangkan dari mata kuliah Pramana.

Tugasnya itu menggambar dengan tema yang diberikan oleh dosen, gambarannya sesuai imajinasi kita. Bebas. Terus kita mengekspresikan panca indra kita terutama pendengaran. Jadi kita harus mengikuti apa yang didengar oleh telinga kita, misalnya, suara drum kita harus memainkan layaknya drummer. Yang bikin menyenangkan, kita memainkannya menggunakan topi yang kita buat sendiri, yang didominasi oleh batik. Membuat barang bekas (aqua) menjadi sesuatu yang unik. Tugas yang paling menyenangkan saat Animal Costume, kita membuat pakaian alat hewan yang kita inginkan. Lalu kami disuruh mengikuti cara jalannya dan dipresentasikan.
animal costume

Yang paling seru itu UAS dan UTSnya. Kalau UASnya sih, kami disuruh membuat sesuatu seperti masquerade. Dibagi kelompok terdiri dari 5 orang. UAS mata kuliah ini hanya diikuti oleh kelas Interior dan Desain Komunikasi Visual (DKV) saja, kelas Produk tak ikutan, entah mengapa. Seru saat kami membuat peralatan yang kami gunakan buat masqueradenya.

masquerade.

UTS Kreatifitas 1 itu, kami di suruh membuat apapun dari karon 2 mili. Harus jadi hari itu juga susah, tapi menyenangkan. Dalam sekejap kami disuruh membuat sesuatu yang menarik, yang kami suka.

uas karton 2 mili milik saya

Dan yang paling menyenangkan saat UAS, soalnya hanya bermain tanpa mempersiapkan alat maupun konsep. Hanya memikirkan dresscode yang akan digunakan saja. Tak lebih. UAS ini diikuti oleh semua kelas. Interior, Produk dan DKV. Karena UAS dicampur, jadilah pembagian kelompoknya pun dicampur. 5 orang anak DKV, 3 orang anak Interior dan Produk.

kelompok 12: kiri - kanan : dizza, andar, bayu, furqon, fandy, cahyo, aku, obleck, wawa, andy minus chrisna

foto rame-rame seangaktan ples dosen

dua mata kuliah tadi adanya di semester 1 dan 2. 

dan mata kuliah lain di semester 4 yang menyenangkan tapi menguras tenaga dan duit itu mata kuliah Desain Furniturekami disuruh membuat kursi dari kardus. Jadi kardus itu nggak boleh dilem hanya boleh dilipat, entah bagaimana caranya harus bisa diinjak dan didudukkan. Selain itu, kami disuruh membuat furniture dengan skala 1:1 berkelompok. 

kursi kardus saya. rainbow

kursi dan lemari

ya, saya merindukan semester-semester awal dengan mata kuliah yang menyenangkan... 
namun sayang, hidup tak berjalan mundur. 
yang harus saya hadapi kini, apa yang ada di depan saya bukan yang ada di belakang saya. hhe. 



salam


9 komentar:

  1. ajib..keren bgt!!!
    anak seni neh,,kreatip!!!
    keren jeng :D

    BalasHapus
  2. itu kursi dan lemarinya unik banget:)

    BalasHapus
  3. Keren pake banget dan gapake boong!
    Luar biasa hasil karyanya.
    Suka lemarinya deh, unik

    BalasHapus
  4. Lemarinya keren banget O.O
    Seru yah kayaknya :'D

    BalasHapus
  5. keren sekeren kerennya keren ._. kreatif, lucu, menarik. gue sukaaa haha :D

    BalasHapus
  6. Unike banget, kerenn!!

    mampir kesini yah :) http://herzablog.blogspot.com/2011/11/seandainya-saya-menjadi-anggota-dpd-ri.html
    saling berkunjung :)

    BalasHapus
  7. @ca ya.. hehe makasi ca. lagi merindu nih :D

    @zihny.. haha. makasi ny. itu punyanya teman saya :)

    BalasHapus
  8. @rizky.. heaa. makasi ya riz. lagi merindu semester awal :D

    @aliv.. itu lemarinya teman saya. iya lif, semester awal menyenangkan sekali :D hehe :)

    BalasHapus
  9. @yustie.. makasi ya yus :D hehe

    @ian.. makasi ian. sudah saya komen :)

    BalasHapus